Kamis, 16 Juni 2011

EKG PADA ANAK

EKG Pada Anak

A. Pengertian
Elektrokardiografi (EKG) merupakan sarana untuk membuat suatu diagnosa penyakit yang mempengaruhi sistem kerja jantung. Alat ini dapat merekam bioelekrik yang keluar dari jantung. Elektrokardiografi yang merupakan hasil rekaman, alat ini dapat menunjukkan adanya dan perubahan-perubahan bioelektrik yang dikeluar oleh jantung.
Penerapan EKG tidak lepas dari ilmu anatomi dan gaya listrik yang dikeluarkan oleh jantung. Keberadaan EKG sangat diperlukan untuk mendiagnose suatu penyakit sehingga didapat data yang akurat mengenai jenis dari penyakit dengan meneliti ada-tidaknya gangguan irama jantung dan keluhan nyeri pada dada penderita / klien.
EKG pada anak dapat digunakan untuk membantu mendiagnose penyakit jantung kongenital, demam-reumatik, penyakit jantung-reumatik, difteri, dan juga memperjelas komplikasi suatu penyakit tertentu kedalam jantung misalnya gastroenteritis yang menimbulkan takhikardi supraventrikuler, hipokalemi, dan beberapa penyakit lainnya.

B. Sifat Listrik Jantung
Depolarisasi merupakan reaksi kontraksi yang disebabkan oleh perubahan listrik. Perubahan ini dapat dideteksi dengan memasang suatu elektroda pada permukaan tubuh pasien. Karena otot atrium relativ lebih tipis, sehingga perubahan listrik yang muncul akibat kontraksinya juga kecil. Kontraksi atria menimbulkan gelombang P. Sedangkan otot ventrikel lebih tebal, maka defleksi gelombang EKG juga besar, yang disebut dengan QRS. Sedangkan gelombang T muncul akibat kembalinya otot ventrikel ke keadaan listrik istirahat (repolarisasi).








Grafik
Pada satu sel serabut otot sebelah dalamnya bermuatan negative (-), sedangkan permukaan luarnya bermuatan positive (+). Beda potensial ini setelah diukur dengan elektroda ternyata ada sekitar – 90 mV. Jika suatu galvanometer dihubungkan pada dua (2) titik dipermukaan otot yang sedang istirahat, ternyata tidak adaperbedaan potensial, karena semua titik pada sebelah luar sel yang tidak dirangsang potensialnya sama.

C. Diagram Listrik Jantung








Diagram
Arus listrik pada setiap kali siklus jantung bermula dari daerah tertentu di- atrium kanan. Daerah itu disebut dengan simpul SA. Setelah depolarisasi, kemudian diikuti dengan penyebaran listrik keserabut otot atrium. Terjadi keterlambatan, sementara depolarisasi menyebar ke daerah tertentu di atrium yang disebut dengan simpul AV (atrioventricular). Setelah itu penghantaran berlangsung cepat, menurun menuju jaringan khusus untuk penghantaran yang disebut “berkas His”. Selanjutnya memecah ke dua arah disekat antara atrium-ventrikel, satu menuju kearah kanan, dan lainnya ke arah kiri. Berkas His kiri sendiri terpecah menjadi dua. Didalam serabut otot ventrikel penghantaran listrik menjalar secara cepat melalui jaringan khusus yang disebut “serabut Purkinye”
Rekaman EKG perlu dibuat bila diduga ada perubahan-perubahan pada keadaan mekanik, struktural, maupun biokimia pada jantung penderita. Indikasi ini dapat berupa sebagai berikut :
 Gangguan irama, misal akstrasistole
 Kelainan jantung bawaan
 Persangkaan adanya gangguan elektrolit
 Radang miokard dan perikard
 Desregulasi
 Hipertiroid
 Gagal ginjal
 Bising jantung
 Sinkopabnormalitas genetik

D. Bentuk Komplek QRS
Gelombang depolarisasi menyebar kesegala arah di jantung pada saat yang bersamaan, sedangkan arah rata-rata gerakan tersebut ditunjukkan oleh defleksi komplek QRS.
Bila QRS dominan ke atas (gelombang R lebih besar daripada S) berarti depolarisasi bergerak mendekati sedapan.
Sebaliknya apabila lebih dominan kebawah (gelombang S lebih besar daripada R) berarti depolarisasi bergerak menjauh.

Sedangkan bila gelombang depolarisasi bergerak pada sudut tegak lurus dengan sadapan maka R sama dengan S.

Panjang kompleks QRS diukur dari gelombang Qke akhir gelombang S. Pada anak-anak biasanya QRS lebih pendek daripada orang dewasa.
Sampai umur sebelum 3 tahun < 0,08 detik
Sampai umur sebelum 8 tahun < 0,09 detik
Umur sesudah 8 tahun < 0,10 detik
Kompleks QRS yang lebar, lebih lebar dari 0,10 detik merupakan petunjuk adanyahambatan konduksi intraventrikuler dan biasanya berarti bundle branch blok atau awal pacu berasal dari ventrikel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar